Sejarah Bendera Belanda

Warna ini baru diadopsi pada 19 Februari 1937. Sebelumnya, bendera Belanda berwarna jingga tua, putih, dan biru dengan corak sembilan buah garis. Nama dan warna bendera ini terinspirasi dari warna pada lengan jubah Pangeran William of Orange (Prince van Oranje) yang memimpin perang perjuangan kemerdekaan melawan pemerintah Spanyol pada tahun 1568. Saat itu Belanda masih dijajah oleh Spanyol. Perjuangan tersebut berujung pada kemerdekaan Belanda yang diakui oleh pemerintah Spayol pada tahun 1648.

Warna jingga tua, putih, dan biru pada bendera Belanda dipakai hanya sampai tahun 1570-an. Pada awal abad ke-17, warna jingga tua diganti dengan warna merah karena dianggap tidak dapat terlihat jelas dari jarak jauh. Warna merah, putih, dan biru diumumkan secara resmi sebagai bendera negara pada tahun 1769. Bendera tersebut kemudian dilarang dalam periode yang singkat pada abad ke-19 setelah Prancis menggantikan Spanyol menjajah Belanda. Belanda kembali merdeka pada tahun 1813 dan bendera tersebut akhirnya kembali dipakai.

Menurut tradisi Kuno dan Heraldik (ilmu tentang asal usul, perkembangan, atau makna lambang), warna menyiratkan berbagai simbol. Warna bendera Belanda menggambarkan hal berikut:
  • · Merah: ketahanan, keberanian, kekuatan, dan kegagahan
  • · Putih: kedamaian dan kejujuran
  • · Biru: kewaspadaan, kejujuran dan kesetiaan, ketekunan dan keadilan
Pengenalan paling dasar dari suatu negara adalah mengenali simbol-simbol kenegaraannya, salah satunya melalui bendera. Setiap bendera memiliki keunikan tersendiri, baik melalui bentuk simbol maupun warnanya. Bendera tidak  hanya menjadi simbol, tapi memiliki makna khusus yang menarik untuk kita ketahui. Karena itulah penting bagi kita untuk mengetahui makna dibalik merah-putih-biru Belanda.

Demikian artikel mengenai Bendera Belanda semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai Bendera Belanda



About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 comments:

Template by Clairvo Yance
Copyright © 2012 NIS's Blog and Blogger Themes.